Cara Submit Sitemap Blog ke Google Webmaster

Submit Sitemap


Cara Submit Sitemap Blogger ke Webmaster Tools, cara yang sangat sederhana dan simple tapi belum semua blogger tau. Khususnya yang baru dalam dunia blogging di blogger mungkin sedikit kesulitan atau bingung sitemap blog terletak di mana. Sama seperti pengalaman saya pribadi yang sempat bingung karena sebelumnya juga belum pernah submit sitemap jadi di webmaster tools. Apa sih pentingnya sitemap untuk blog kita? Sama seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Sitemap sangat penting, karena sitemap lah yang membantu mesin pencari google merayapi semua link/url pada situs blog kita untuk diindex dalam mesin pencari.

Sebenarnya dengan menambahkan situs / blog kita dalam Google Webmaster Tools saja sudah beres, tapi akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan index situs kita pada pencarian google. Oke langsung saja ya, berhubung caranya juga sangat mudah bagi yang sudah paham ya diabaikan saja.

Cara Submit Sitemap Blogger ke Webmaster Tools

Pertama, pergi ke Google Webmaster Tools - Pilih menu Perayapan - Pilih Peta Situs - Klik Tambahkan/Uji Peta Situs di pojok kanan atas. Lihat gambar di bawah ini.

add sitemap

Sitemap blogger/blogspot :
feeds/posts/default?orderby=updated

Masukkan sitemap di atas pada kotak yang tersedia dan klik Kirim. Setelah selesai silahkan refresh halaman tersebut dan sitemap blog kalian sudah berhasil di submit dan tinggal menunggu diindex saja. 
Baca juga : Cara Membuat Auto Sitemap Blogger
Jangan lupa setelah submit sitemap, kalian juga perlu melakukan submit url ke Google Submit Url secara manual untuk mendapatkan index di mesin pencarian Google. Anggap saja untuk memancing supaya google cepat merayapi url yang kita kirim melalui sitemap. Dengan cara seperti ini insya'Allah kita akan mendapatkan index dengan cepat dan maximal tanpa perlu menunggu waktu yang lama. Tapi dengan terindexnya semua artikel pada blog kita pada mesin pencari, tidak menjamin bahwa situs / blog kita akan ramai pengunjung. Jadi, masih ada tahapan lagi supaya blog kita ramai pengunjung. Dan sudah kita bahas juga di artikel sebelumnya yakni dengan cara menambah backlink.

Okelah, sudah paham kan jadi cukup sekian dulu artikel Cara Submit Sitemap Blogger ke Webmaster Tools kali ini, semoga bermanfaat dan membantu kalian semua yang membacanya.

"Jangan pernah putus asa, selagi kita masih mampu berusaha dan selalu berdo'a insyaAllah semua tujuan bisa tercapai!"

Tetap Semangat...!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan Baik & Relevan !
Komentar dengan Link aktif tidak akan ditayangkan & masuk daftar SPAM