Tips Tahap Awal Membangun Sebuah Blog Bagi Pemula 2017

Tips dan Panduan NgeBLOG khusus bagi pemula atau Newbie yang baru atau hendak bergelut di dunia BLOGGING. Kalian masih baru atau masih mau belajar nge-blog? silahkan simak tutorial atau panduan berikut ini.

Panduan Blogger

Sebelumnya mari kita bahas sedikit pengenalan mengenai Blog / Weblog.

Apa sih Blog itu?

Kesimpulannya, blog adalah sebuah diari atau catatan online yang dikelola oleh individu untuk menyalurkan ide, kreasi, pendapat maupun melaporkan dan menulis semua pengalaman. Atau lebih singkatnya dalam bahasa yang mudah dimengerti yakni sebuah catatan online yang tujuannya untuk menempatkan ide-ide kita, baik untuk tujuan diingat diri sendiri maupun berbagi kepada orang lain.

Untungnya Nge-Blog Apa?

Banyak, selain untuk kita pribadi menuliskan semua pengalaman atau catatan diari agar tidak lupa suatu saat nanti, di Blog kita juga bisa berbagi sebuah informasi yang bisa membantu orang lain. Selain itu juga blog yang kita bangun atau miliki juga bisa menjadi sebuah ladang penghasil pundi-pundi rupiah jika kita sudah memiliki banyak visitor / pengunjung. Yakni dengan memanfaatkan space iklan yang tersedia di blog yang kita miliki. 

Tapi untuk pemula tidak usah terlalu jauh memikirkan penghasilan kalau memang niatnya untuk nge-blog dan saling berbagi, karena yang namanya berbagi setidaknya kita harus ikhlas untuk membantu sesama dalam dunia internet. 

Apa saja yang Dapat Kita Bagikan?

Pada sebuah blog umumnya berbagi mengenai sebuah ilmu pengetahuan/tips & trik, informasi terkini, tutorial, ulasan / review, panduan-panduan,dll masih banyak lagi. Karena di blog kita bebas hendak menulis apa pun yang kita inginkan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

Oke, langsung saja kita masuk tahap awal dalam memulai membangun sebuah blog. Penyedia layanan blog yang terbaik saat ini yakni BLOGGER, milik Google. Di sini kita bebas berkreasi secara gratis.

Step Pertama

Untuk memulai melakukan aktifitas di dunia Blogging, pastikan kita sudah memiliki akun Gmail, karena yang kita gunakan adalah Blogger.com milik Google sendiri. Setelah memiliki sebuah akun Gmail, silahkan daftarkan terlebih dahulu ke www.blogger.com.
Pada halaman Blogger, kalian akan diberikan sebuah form untuk mengisi data-data blog yang akan kalian bangun, seperti :
  1. Judul Blog
  2. Alamat Blog
  3. Template/Tema
Sebelumnya yang harus kalian siapkan adalah Judul Blog, siapkan judul sesuai dengan tema atau topik yang akan kalian bahas di dalam blog yang kalian bangun. Misalnya, blog kalian membahas tentang resep memasak, maka judulnya harus berhubungan dengan resep masak. Contoh : Resep Masakan Nusantara.

Selanjutnya adalah Alamat Blog, alamat blog sama hal-nya seperti Judul Blog, jadi harus ada hubungannya dengan judul. Dan alamat blog inilah yang nantinya akan dikunjungi oleh orang-orang yang mencari sesuatu yang berhubungan dengan artikel di blog kalian.
Pada dasarnya, alamat blog / domain di blogger gratis yakni dengan menggunakan subdomain *blogspot.com. Jadi alamat blog atau domain kalian jadi seperti ini, contoh : namablog.blogspot.com.
Alamat itulah yang nantinya akan dikunjungi seseorang.

Yang terakhir adalah Template/Tema, template di sini adalah tampilan blog yang ingin kalian bangun. Di Blogger sudah tersedia berbagai template yang bisa kalian gunakan secara gratis. Dan itu juga bisa dikembangkan sesuai kreatifitas kalian sendiri nantinya.

Untuk cara pendaftaran tinggal ikuti saja langkah-langkah yang tersedia di Blogger, saya anggap sudah paham ya, karena itu cukup simple.

Step Ke Dua

Masuk ke tahap ke dua ini, berarti kalian sudah berhasil membangun sebuah Blog dan sekarang kalian hanya fokus ke 1 tujuan yakni Menyiapkan Materi/Artikel (konten) untuk dibagikan atau ditulis di blog yang sudah dibangun tersebut.

Dalam hal ini, tentunya kalian sudah memikirkan artikel apa yang hendak dituliskan dalam blog sesuai dengan Tema/Judul Blog yang dimiliki. Misalnya, kalian membangun Blog tentang resep masakan, maka di situ kalian tulis artikel-artikel atau konten mengenai resep masakan.
Jadi, jangan sampai judul dengan konten berbeda ya, misalnya judul blog tentang resep masakan tapi yang ditulis tentang otomotif kan tidak sesuai jadinya.

Seperti yang saya utarakan di atas, bahwa blog itu bebas. Bebas dalam artian kita bebas memilih tema apa yang akan kita bahas di blog yang kita bangun. Usahakan sesuai dengan keahlian yang kita miliki agar selalu bisa update artikel setiap saat. Jangan cuma 1-2-3 artikel terus kita stop tidak update artikel lagi, kalau seperti itu blog yang kita miliki tidak akan punya reputasi baik di mata mesin pencari dan pengguna. Karena dianggap blog jadul / kudet (kurang update). 
Tulislah semau dan sekreatif mungkin untuk dibagikan kepada publik, karena artikel atau konten yang kalian bagikan seandainya itu bisa membantu orang lain dan bermanfaat maka otomatis orang yang membaca atau pengunjung akan senang dan selalu berkunjung ke blog yang kalian miliki.

Step Ke Tiga

Pada step ke tiga ini atau yang terakhir khusus bagi pemula, kalian bisa fokus ke masalah Tampilan Blog atau template. Tema tampilan atau template juga tidak kalah pentingnya. Karena yang dilihat orang pertama kali saat mengunjungi Blog kita adalah temanya, jika tema yang kita gunakan baik, maka orang pun akan semakin nyaman dalam membaca artikel yang kita sajikan. 
Terutama pada Warna Template, untuk pemula kalian bisa menggunakan template yang sudah disediakan oleh Blogger saja. Itu pun sudah cukup baik dan warna yang sangat baik. Kenapa pada warna? karena warna sangat mempengaruhi mata saat membaca dalam layar HP maupun Desktop, jika warna yang kita gunakan terlalu mencolok maka mata akan merasa tidak nyaman dan itu sangat menjengkelkan bagi pembaca. Apalagi warna yang terlalu mencolok dalam layar bisa merusak mata loh.
Jadi intinya, gunakanlah template yang sekiranya nyaman dipandang oleh kita sendiri maupun oleh orang lain. Untuk menggunakan template eksternal juga bisa, tapi itu nanti kalau kalian sudah paham betul tentang blogger.

Baca juga : 2 Cara Jitu Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google

Nah, untuk pemula cukup itu saja yang perlu diperhatikan saat hendak membangun sebuah Blog, untuk masalah SEO itu urusan belakangan, yang penting Blog kita berdiri dengan baik dengan konten-konten yang berkwalitas.

Bagi kalian yang ingin blog nya terkenal atau banyak pengunjungnya tidak usah kawatir, fokus saja pada artikel / konten yang kalian sajikan saja, dan sering-sering share di sosial media saja sudah bisa mendatangkan pengunjung. Insya'Allah lama kelamaan blog kalian akan ramai dengan sendirinya karena konten yang bermanfaat dari blog kalian.

Oke cukup seikian, sebelumnya saya minta maaf jika ada penulisan yang mungkin kurang bisa dipahami atau ada kesalahan. Bukan bermaksud untuk sok bisa ngeblog, tetapi artikel ini hanya untuk referensi saja bagi yang hendak mendirikan sebuah blog. Karena saya pun juga masih belajar dan masih asal-asalan. Dan yang paling penting tetap semangat dalam berusaha. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

"Jangan pernah putus asa, selagi kita masih mampu berusaha dan selalu berdo'a insyaAllah semua tujuan bisa tercapai!"

Tetap Semangat...!

Share this

Related Posts

First

Berkomentarlah dengan Baik & Relevan !
Komentar dengan Link aktif tidak akan ditayangkan & masuk daftar SPAM